Pengoptimalan Website dengan On Page dan Off Page



Pengoptimalan Website dengan On Page atau Off Page - SEO merupakan cara strategi dalam membangun sebuah website. di dalam membangun ini bisa menggunakan on page dan off page. disinilah kita akan membahas kedua itu : 

# Pengoptimalan website di dalam (on page), berarti anda membuat website  anda  familiar  dibaca  oleh  pengunjung  maupun  dibaca  robot google. Supaya ramai dibaca pengunjung, maka website anda harus memiliki ide menarik di mata banyak orang. Untuk itulah anda perlu melakukan riset kecil berapa banyak orang yg mencari topik bisnis anda dalam sebulan. Supaya diindeks oleh robot google dan tampil di halaman utama pencarian google, maka anda harus memasang kata kunci, deskripsi website, dan judul pada setiap halaman website anda. Ketiga komponen tersebut dikenal dengan sebutan Meta Tags.

Perlu strategi juga untuk memenangkan persaingan merebut ‘perhatian robot google’ diantara ribuan pesaing halaman website. Pesaing tersebut tentunya mereka yg mempunyai topik bisnis yg sama dg topik bisnis website anda. Di sini akan berlaku hukum persaingan sehat, sama seperti anda berbisnis  di  dunia  offline.  Misal,  Saya  menjual  sepatu  wanita  di  Mall, namun ada belasan toka lain juga yg menjual sepatu wanita dalam Mall yg sama. Tentu saya harus melakukan strategi agar pembeli mau mampir dan membeli sepatu wanita di toko saya. Misalnya dengan pencahayaan lampu yg berwarna, tata letak yg rapi, kursi dan kaca untuk kemudahan pengunjung melakukan fitting (ngepasin kaki), dll.

# Pengoptimalan website di luar (off page), berarti kita menanamkan link url website kita . missal www.omdistro.web.id atau ke berbagai website terkenal dunia yg punya ranking tinggi, misal website direktori, website bookmarking social, media social, melakukan Ping artikel terbaru, dll.

Contoh Website direktori (seperti www.google.com/addurl , yahoo, http://alamatweb.com/, www.dirjournal.com/regional/asia/indonesia/, dll ) . Atau Anda bisa cari dg mengetikkan : submit directory Indonesia ke google.com Website bookmarking sosial (seperti  mister-wong, delicious, www.infogue.com ,  www.lintas.me ,  www.indofeed.com ,  dll),  biasanya mempunyai peringkat yg sangat tinggi dalam hal Page Rank dan jumlah pengunjung. Page Rank atau PR adalah penilaian kualitas halaman website kita dg nilai PR dari Google. Mulai dari PR 1, PR 2, PR 3, dan maks 10. Namun website dg PR 1 saja sudah bagus, apa lagi PR 2 dst. Makin tinggi nilai PR, maka makin  bagus kualitas website kita di mata om Google. Anda juga  bisa  menggunakan  bookmarking  social  lain  secara  masal  ke  25 website sekaligus dg menggunakan layanan berbayar : www.socialmonkee.com .

Dengan teknik SEO offpage di atas, kita hanya mendompleng 'nama besar' web-web terkenal tsb dan menanamkan link website kita di sana. Harapannya tentu supaya ranking website kita meningkat dan bisa tampil di halaman pertama google. Jika sdh bisa tampil halaman pertama Google, maka akan makin banyak orang yang tahu nama website kita. Jika sudah banyak orang tahu, maka pengunjung otomatis akan bertambah ke website kita.

Pengoptimalan website di  luar  (offpage)  juga efektif dilakukan jika  kita punya blog di blogger.com atau wordpress.com . Blog tersebut kita link-kan ke alamat url website kita. Semakin banyak link blog yg kita arahkan ke website jualan kita, maka popularitas web kita juga meningkat. Gunakan kata kunci saat membuat nama blog dan membuat judul tulisan di blog. Juga gunakan kata kunci untuk me-link-kan blog gratis Anda ke Website berbayar/website jualan kita. Biasanya blog sangat cepat dan mudah diindeks oleh robot google. Makanya jika website kita di-link-kan dari blog, otomatis nama website kita juga ikut terangkat.Apalagi jika kita berkunjung dan berkomunikasi ke berbagai  blog orang lain. Ketika kita memberi komentar diblog orang lain yg ramai pengunjungnya, maka tinggalkanlah link website kita di sana. Lambat laun link website kita  akan tertanam di  mana-mana. Secara pelan  tapi  pasti, nama website kita akan dikenal banyak orang dan pengunjung anda juga akan semakin meningkat.

Related Posts:

0 Response to "Pengoptimalan Website dengan On Page dan Off Page"

Post a Comment

Terimkasih telah berkunjung dan berkomentar. mohon untuk berkomentar yang baik, sopan, tidak SARA, dan tidak berkomentar berupa link aktif maupun tidak aktif. Mohon apa bila ada link yang rusak atau bermasalah untuk melaporkan, agar bisa segera di perbaiki.