Cara Membangun Bisnis Dengan Modal Seadanya

Cara Membangun Bisnis Dengan Modal Seadanya - Bagaimana menggunakan ide-ide yang ada dalam buku ini untuk membangun bisnis dengan modal dengkul. Dengkul disini maksudnya ialah kemauan Anda. Kemauan Anda untuk tekun dan bekerja keras. Kemauan Anda untuk mendapatkan penolakan. Kemauan Anda untuk bertahan terus sampai citacita Anda terwujud.

Membangun sebuah bisnis dengan modal dengkul seperti membangun sebuah bangunan dengan tanpa membeli bahan bangunan. Berpikirlah perbagian-bagian kemudian gabungkan menjadi satu kesatuan sebuah bisnis yang lengkap. Apa saja bagian-bagian yang ada dalam sebuah bisnis? Mulai dari tempat usaha, kemudian produk, pemasaran, dan sumber daya manusia.

Tempat Usaha
Gunakan cara-cara di atas untuk mendapatkan sebuah tempat usaha. Apakah akan menyewa, kredit, kerja sama dengan orang lain, atau meminjamnya? Rencanakanlah bagaimana caranya Anda akan mendapatkan tempat ini. Berbicaralan kepada temanteman Anda, bacalah iklan dis surat kabar, cobalah bertanya kepada keluarga Anda, siapa yang memiliki tempat tidak terpakai, dan berbagai usaha yang lainnya. Percayalah, jika Anda tekun mencarinya Anda akan mendapatkannya. Insya Allah, saya sudah membuktikan.

Produk
Apa produk yang akan Anda jual? Bagaimna cara mengadakan produk tersebut? Apakah akan memproduksi sendiri? Berapa biaya yang diperlukan untuk perlatan atau mesin? Apakah Anda memiliki peralatan produksinya? Atau siapa yang punya? Apakah bisa dipinjam, bagi keuntungan, disewa, atau bentuk kerja sama lainnya? Jika tidak mau produksi sendiri, apakah Anda akan menjual produk orang lain? Bagaimana caranya? Apakah konsinyasi? Atau Anda mendapatkan produk tersebut dengan cara kredit? Kini langkah Anda selanjutnya ialah mencarinya sampai mendapatkannya.

Pemasaran
Begitu juga dengan pemasaran, banyak ide untuk bisa memasarkan produk tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Pilihlah dan coba cara-cara yang sesuai dengan produk Anda.

Sumber Daya Manusia
SDM juga bisa diakali, bagaimana Anda bisa mendapatkan SDM tanpa harus mengeluarkan uang sendiri. Usahakan bahwa bisnis Anda yang membayar SDM tersebut, bukan uang dari kantong Anda. Teknik-teknik untuk melakukan hal tersebut sudah dijelaskan di atas. Integrasikan semua hasil tadi, tempat usaha, produk, pemasaran, dan SDM bisa Anda dapatkan tanpa mengeluarkan uang banyak. Hemat uang Anda, cari tambahan uang tunai untuk persediaan dengan cara-cara yang disebutkan di atas, kemudian integrasikan semuanya, dan jadilah sebuah bisnis. Tidak percaya? Sudah ada orang yang melakukannya.

Saya secara berulang kali di atas menyebutkan bahwa memang tidak mudah. Bukan untuk menakuti, karena banyak sekali orang yang mengira sangat mudah, sehingga begitu mulai mereka mudah putus asa. Saya beritahukan sejak awal agar agar menyiapkan mental Anda untuk mampu menghadapi kesulitan yang akan Anda temui. Jika Anda sudah membaca buku Better Income dan mengaplikasikan berbagai latihan pada buku itu, isnya Allah secara mental Anda sudah siap.

Motivasi yang Kuat
Seharusnya sebelum menjalankan ide-ide yang ada pada buku ini, Anda harus membaca dan melakukan latihan yang ada dalam buku Better Income. Kecuali mental Anda sudah siap sejak awal, tanpa membaca buku itu Anda akan putus asa dan cepat menyerah. Motivasi yang kuatlah yang akan membawa Anda menuju keberhasilan. Motivasi Andalah yang yang akan memberikan kekuatan kepada Anda saat Anda ditolak, saat Anda jenuh, saat Anda jatuh, saat Anda stress, saat Anda harus kerja keras, saat keinginan untuk menyerah ada, dan saat-saat sulit lainnya. Kembalilah kobarkan  motivasi Anda selalu agar Anda berhasil mencapai puncak.

Bekerja 10 Kali Lipat
Pada awal bisnis Anda, Anda perlu bekerja 10 kali lipat. Kenapa? Itu bayaran atas modal uang yang tidak Anda miliki atau tidak mau Anda keluarkan. Setiap usaha – bahkan perusahaan bermodalkan besarpun – membutuhkan banyak keterlibatan dan kerja keras untuk membuatnya. Perusahaan modal dengkul tentu saja memerlukan lebih banyak lagi. Jauh lebih banyak.

Intinya ialah Anda melakukan sendiri, bukannya menghamburkan modal Anda yang sangat berharga untuk menyewa orang lain. Anda menggunakan waktu Anda bukannya menyewa orang lain untuk melakukannya. Ingatlah setiap rupiah yang Anda hemat, adalah pengurangan satu rupiah yang Anda perlukan untuk memulai. Jika Anda harus membayar orang lain, itu hanya dilakukan jika memang benarbenar perlu. Tundalah Anda untuk melakukan ini, berlaku seperti boss, sebagai dijelaskan oleh Rober T. Kiyosaki dimana kita sebagai Business Owner, ada atau tidak ada kita bisnis tetap berjalan. Keadaan ini memang harus kita capai sebagai langkah kita kedua, setelah cashflow kita sehat. Kita bisa saja mencapai cashflow yang cukup untuk memulai bisnis. Tetapi untuk mendapatkan cashflow berarti perlu modal yang besar, nah jika perlu modal yang besar dan bukan uang Anda, Anda perlu kerja keras mendapatkannya. Berbagai teknik untuk mendapatkan uang dari aset yang Anda miliki sudah dijelaskan diatas, dan itu semua memerlukan kerja keras Anda. Kecuali Anda sudah kaya saat ini.

Integrasikan
Sekali lagi, sudah banyak orang yang melakukan ini. Artinya Anda juga bisa, tinggal keputusan Anda apakah mau atau tidak. Semua terserah Anda Anda, setelah itu baru takdir. Mulai sekarang juga, Allah tidak pernah memberi tahu kapan kita akan berhasil atau akan gagal. Satu-satunya cara ialah dengan mencoba, mencoba, dan mencoba.

Related Posts:

0 Response to "Cara Membangun Bisnis Dengan Modal Seadanya"

Post a Comment

Terimkasih telah berkunjung dan berkomentar. mohon untuk berkomentar yang baik, sopan, tidak SARA, dan tidak berkomentar berupa link aktif maupun tidak aktif. Mohon apa bila ada link yang rusak atau bermasalah untuk melaporkan, agar bisa segera di perbaiki.